KOMPAS Yogyakarta

Komunitas Mahasiswa Kelapa Sawit — G’BYE Angkt 2005 and G’Work Angkt 2006

Mari Elka Pangestu Bakal Genjot Ekspor Minyak Sawit

Posted by erik12127 pada 28 Oktober, 2009

 

TEMPO Interaktif, Jakarta – Ekspor Indonesia ditargetkan tumbuh 5 persen pada 2010. Untuk mencapai pertumbuhan tersebut pemerintah masih tetap mengandalkan 10 produk utama yang berbasis sumber daya alam.

Demikian dikatakan Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu pada konferensi pers Trade Expo Indonesia (TEI) di Arena Pekan Raya Jakarta, Rabu (28/10). Menurut Mari, produk yang masih unggulan ekspor diantaranya minyak kelapa sawit atau crude palm oil dan batu bara.

Mari menyebutkan, pertumbuhan ekonomi beberapa negara yang masih positif menjdikan pasar kelapa sawit terbuka lebar. “Misalnya India kembali ke pertumbuhan 8 persen,” kata dia. “Jadi, masih banyak pasar yang perlu bahan baku dan bahan makanan,” ucap Mari.

Selama 2009 ini, produksi minyak kelapa sawit Indonesia diperkirakan mencapai 20 juta ton dan ekspornya akan mencapai 15,5 juta hingga 16,5 juta ton termasuk biodiesel. Pada 2008, ekspor minyak sawit Indonesia mencapai 14,29 juta ton yang 33 persennya diserap oleh India.

Untuk mencapai target pertumbuhan ekonomi lima persen, Mari menambahkan, pihaknya juga akan mengembangkan produk ekspor lainnya selain batu bara dan minyak sawit. “Seperti alas kaki, jasa-jasa dan industri kreatif,” tuturnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: