KOMPAS Yogyakarta

Komunitas Mahasiswa Kelapa Sawit — G’BYE Angkt 2005 and G’Work Angkt 2006

Tiga Oknum Brimob Terlibat Perampokan Pengusaha Kelapa Sawit Ditangkap

Posted by erik12127 pada 26 Oktober, 2009

 

Pematang Siantar, Petugas Sat Reskrim Polres Simalungun berhasil mengungkap kasus perampokan yang melibatkan tiga oknum anggota Brimob, masing-masing HPS (32), AP (30) dan Z (32).

Tersangka ditangkap petugas Sat Reskrim Polres Simalungun dipimpin Kasat Reskrim AKP Titi Travolta Hutauruk SiK didampingi Kanit Jahtanras Aiptu Suandi Sinaga SH dari markasnya sembilan jam setelah kejadian.

Sementara lima tersangka lainnya dari warga sipil masih diburon, kata Kapolres Simalungun AKBP Rudi Hartono SH,SiK saat dikonfirmasi wartawan melalui Pahumas Kompol Ramli Sirait didampingi Kasat Reskrim AKP.Tito Travolta Hutauruk SiK, Senin (26/10) siang di Mapolres Simalungun.

Terungkapnya aksi kejahatan para tersangka yang melibatkan oknum Brimob itu, setelah Polisi yang melakukan penyidikan menemukan HP diduga milik salah seorang tersangka yang tertinggal di lokasi rumah. Setelah melakukan kordinasi dengan pihak Telkom diketahui nomor HP milik salah satu oknum Brimob.

Dari ketiga oknum itu, petugas menyita berupa uang tunai Rp 78 juta, tiga pasang giwang emas, empat unit HP, 2 cincin emas, 2 linggis, 5 gulung lakban, dua obeng dan satu gunting besar potong waja. Sementara barang bukti lainnya yang disita, brankas kosong, plat mobil BM 5134 JL, lakban dan satu lembar kertas faktur tanda terima atas nama M.Tambunan alamat Tanah Jawa.

Direncanakan

Keterangan diperoleh termasuk pengakuan tersangka dari oknum Brimob itu, perampokan ini sebelumnya sudah direncanakan setelah ada pertemuan dari ketiga oknum itu dengan di antara kelima warga sipil di salah satu kawasan sekitar eks terminal Suka Dame Pematang Siantar.

Sesuai hasil perencanaan, dengan menumpang mobil Toyota Kijang kawanan perampok memasuki kawasan rumah korban pada malam menjelang dinihari. Sepertinya sudah mengetahui lokasi, mereka merusak kunci dari pintu samping yang mudah dibuka meski secara paksa dan memasuki ruangan rumah korban.

Pertama kali para tersangka menemui cucu korban yang masih remaja Roy Martin Lumban Gaol(17) yang tidur nyenyak dalam kamar. Korban sempat memberikan perlawanan sewaktu akan disekap, hingga membangunkan opung (nenek perempuan) Tumoria boru Saragih (57) dan selanjutnya turut diamankan para tersangka dengan cara mengikat tangan dengan tali dan menyumbat mulut dan menutup mata dengan lakban.

Aksi berlanjut memasuki kamar tidur yang di tempati Midden Tambunan selaku kepala keluarga juga mengalami penyekapan, bahkan wajah korban ini ditekankan ke lantai. Terakhir yang jadi korban adalah Briptu Henry S.Damanik (personil Sat Samapta Polres Simalungun) saat itu tidur bersama istrinya Junita boru Tambunan yang sedang hamil. Namun kawanan tidak mau tahu siapa korbannya dan tetap mengikat keduanya dengan tali serta menutup mata dan mulut dengan lakban.

Setelah semua korban dilumpuhkan, kawanan penjahat leluasa beraksi menggerayangi rumah rumah korban yang diperkirakan 30 menit. Dari data sementara, kawanan menyikat brankas berisi uang dan perhiasan emas , 10 Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB).

Pelaku juga mengambil dompet berisi uang milik Middun Tambunan, dan cincin emas. Demikian pula dari dompet Bripka Henry S.Damanik berisi uang, KTA Polri, SIM dan uang milik Junita boru Tambunan bersama cincin emas di jari korban turut dilucuti, termasuk empat unit HP. Diperkirakan kerugian mencapai Rp370 juta lebih.

Disebutkan, berkaitan dengan aksi kejahatan ini petugas Polsek Tanah Jawa yang menerima laporan Middun Tambunan dan selanjutnya Kapolsek Tanah Jawa AKP Samson Sinaga melaporkan kasusnya ke Mapolres Simalungun dan turunnya personil Sat Reskrim tergabung dalam unit Jahtanras melakukan penyelidikan.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: