KOMPAS Yogyakarta

Komunitas Mahasiswa Kelapa Sawit — G’BYE Angkt 2005 and G’Work Angkt 2006

MAMUJU UTARA PENGHASIL SAWIT TERBESAR DI SULBAR

Posted by erik12127 pada 18 Oktober, 2009

Kabupaten Mamuju Utara (Matra) menjadi daerah penghasil terbesar kelapa sawit di Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) yang menghasilkan produksi sebanyak 109.570 ton per tahun.

Mamuju, 18/10 (Antara/FINROLL Lifestyle) – Kabupaten Mamuju Utara (Matra) menjadi daerah penghasil terbesar kelapa sawit di Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) yang menghasilkan produksi sebanyak 109.570 ton per tahun.

Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Sulbar, Mukhtar Belo, di Mamuju, Minggu, mengatakan, kabupaten Matra yang juga salah satu daerah hasil pemekaran Kabupaten Mamuju, kini menempatkan sebagai penghasil komoditas sawit terbesar di Sulbar.

“Pada tahun 2008 lalu, Matra menghasilkan produksi sawit sebanyak 109.570 ton dengan luas areal pengelolaan kelapa sawit seluas 29.982 Ha,” kata Muktar.

Menurut dia, kelapa sawit yang menjadi salah satu komoditas unggulan di kota ujung utara Sulbar tersebut yang kini telah berhasil memberikan kontribusi positif sehingga berdampak pada terbukanya akses lapangan kerja alternatif bagi masyarakat dalam menjalankan roda perekonomian di wilayah itu.

“Perkebunan kelapa sawit menjadi salah satu komoditas unggulan masyarakat yang ada di Matra untuk memenuhi kebutuhan ekonomi mereka,” ujarnya.

Muktar menuturkan, selain Mamuju Utara, penghasil sawit nomor dua di Sulbar adalah kabupaten Mamuju yang juga telah memberikan kontribusi positif bagi pembangunan di daerah ini.

“Di Mamuju sendiri, perkebunan kelapa sawit juga menjadi salah satu komoditi primadona bagi petani kita, selain tanaman Kakao,” urainya.

Ia mengatakan, komoditi perkebunan kelapa sawit di Mamuju, terdapat di beberapa kecamatan diantaranya kecamatan Tommo, Tobadak, Budong-Budong, Topoyo dan Karossa.

“Saat ini para petani kita di beberapa kecamatan yang saya maksud sedang menggalakkan peningkatan produksi kelapa sawit, walaupun banyak diantara mereka juga mengembangkan tanaman Kakao,” timpal Muktar.

13 Tanggapan to “MAMUJU UTARA PENGHASIL SAWIT TERBESAR DI SULBAR”

  1. Membuka artikel ini kami memperoleh informasi sekitar perkebunan sawit di Matra dengan hasil
    panen yang meyakinkan.

    Saya sangat tertarik dengan informasi tersebut untuk mencoba beralih profesi dari CIVIL ENGINERING menjadi petani Sawit di wilayah tersebut.

    Hanya saja saya baru mencari lahan persawitan sekitas 10 kapling (20 ha) kalau bisa terjangkau dengan modal yang saya miliki.

    Jika ada info tentang lahan tersebut dengan posisi dimana dan harga berapa untuk disampaikan.

    Kontak person —> mattas_2007@yahoo.com

  2. Indah said

    Selamat siang pak,membaca artikel bpk di google ttg perkebunan klp sawit di kab MATRA bln januari 10,apa sekiranya msh up date,mhn konfirmasinya.Trim’s

  3. SAYA SANGAT BANGGA MENJADI ANAK MATRA WALAUPUNMATRA MASIH PEDESAAN,

    I LOVE MATRA

  4. abd azis said

    Saat ini kami memiliki areal perkebunan didaerah kabupaten mamuju kecamatan karossa sul-bar seluas kurang lebih 30 ha , dan hingga kini kami hanya mengisi dengan komoditi coklat, namun beberapa tahun terakhir ini komoditi coklat ini semakin tidak bisa teratasi dari permasalahn penyakit hama yang tak kunjung ada perbaikan, sehingga kami berpikir akan mengkonfersi lahan kami ini dengan komoditi sawit akan tetapi kepada perusahaan mana yang bisa bermitra dengan kami itu yang kami belum temukan, seandainya ada yang bisa memberitahukan kepada kami dan lengkap dengan alamat perusahaan serta no tlp perusahaan tsb kami ucapkan terimasih.

  5. abdul khalid said

    Salam
    kelompok tani kami memiliki lahan perkebunan kelapa sawit seluas 110 ha d kabupaten mamuju sulawesi barat.kami ingin menanyakan tentang biaya serta prosedur yang di butuhkan untuk memiliki 1 unit pabrik mini kelapa sawit.

  6. salam saya orang kab majene dan sekarang bekerja dipabrik kelapa sawit bagaimana caranya untuk boleh bekerja dipabrik kelapa sawit dinegara sendiri(indonesia) saya skarang dimalaisia mohon petunjuknya saya bagian laboratory pengalaman 6 thun trimakasi perhatiannya
    no tlf 0148740559

  7. mahdi said

    saya ingin menanyakan jika luas areal pengelolaan kelapa sawit seluas 29.982 Ha berapa potensi karbon yang dihasilkan?????

  8. wayan said

    salam MATRA, berikan informasi luas perkebunan kelapa sawit di Matra pada tahun 2011 …

  9. sayyid ja'far al atthas said

    Assalamualaikum…ada yh mau jual kebun sawit nggak di daerah mamuju/matra? klo ada berapa harga dan usia tanamnya? afwan sebelumnya…sayyid ja’far al attthas polewali mandar

  10. Usman Basry,MBA said

    mohon info bapak daftar nama perusahaan perkebunan kelapa sawit di Mamuju dan Mamuju Utara.

    Thanks
    Usman Basry,MBA

  11. fajar said

    saya mau masuk krja di matra boleh gak lau boleh apa sja yang hrus saya siapkan prsaratanya

  12. Nessar said

    kami pembeli cangkang sawit ,,,,,, dengan kapasitas besar,
    Hub. Bapak Nesar 0812 93699 123

  13. adinovi wahyudi said

    kami pt nusantara terminal services berlokasi di makassar, berminat untuk menjalin kerjasama dalam penjualan PKS

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: