KOMPAS Yogyakarta

Komunitas Mahasiswa Kelapa Sawit — G’BYE Angkt 2005 and G’Work Angkt 2006

Subulussalam Bentuk Tim Penetapan Harga Sawit

Posted by erik12127 pada 8 September, 2009

 

 

SUBULUSSALAM – Tuntutan petani yang tergabung dalam Asosiasi Petani Kepala Sawit Indonesia (Apkasindo) Kota Subulussalam soal pembentukan tim penetapan harga Tandan Buah Segar (TBS) akhirnya terwujud. Pemerintah Kota Subulussalam Senin (7/9), menggelar rapat pembentukan tim dimaksud yang dipimpin langsung oleh Walikota Subulussalam, Meurah Sakti.

Desakan pembentukan tim tersebut digulirkan sejak Juni lalu menyikapi tindakan pihak pabrik kelapa sawit Lestari Tunggal Pratama (LTP) yang dinilai diskriminatif dalam menetapkan harga kelapa sawit petani. “Kita menuntut penyesuaian harga, karena harga TBS di Subulussalam selalu lebih murah dari pada daerah lain seperti di Singkil,” kata Netap Ginting, Ketua Apkasindo Subulussalam.

Katanya, pembentukan tim itu sesuai dengan surat keputusan (SK) Menteri Pertanian RI no 395/KPTS/OT.140/II/2005 tentang pedoman penetapan harga TBS kelapa sawit produksi pekebun. Menurut Netap, kalau pemerintah memfasilitasi masalah harga tersebut, petani tidak lagi dirugikan lantaran sudah ada harga dasar dan PKS tidak boleh membuat harga di bawahnya.

Tim yang disusun dalam rapat tersebut terdiri dari Asisten II (ketua), Kadisbunhut (wakil), dan Kabag Ekonomi dan Pembangunan (sekretaris). Selanjutnya, dalam keanggotaan juga dilibatkan dinas perindustrian, kabag hukum serta unsur Apkasindo, LSM, KTNA, Organda, pihak pabrik dan suplier. Tim penetapan harga TBS akan segera di SK-kan oleh walikota secara resmi.

Subulussalam Bentuk Tim Penetapan Harga Sawit

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: