KOMPAS Yogyakarta

Komunitas Mahasiswa Kelapa Sawit — G’BYE Angkt 2005 and G’Work Angkt 2006

Harga Kelapa Sawit Riau Kembali Merangkak Naik

Posted by erik12127 pada 18 Agustus, 2009

Harga komoditas andalan Riau yakni kelapa sawit, kembali mengalami kenaikan pada pekan kedua bulan Agustus 2009.

Berdasarkan rapat penentuan harga tandan buah segar (TBS) kelapa sawit di Dinas Perkebunan Provinsi Riau di Pekanbaru, Selasa, kenaikan rata-rata mencapai Rp100,13 per kilogram (kg) dibandingkan harga sebelumnya. Harga tersebut akan berlaku mulai 10 Agustus hingga 18 Agustus 2009.

Kenaikan harga sawit tersebut merupakan yang ketiga kalinya terjadi secara berturut-turut setelah sebelumnya juga naik sebesar Rp26,6 per kg pada awal bulan Agustus.

“Semoga kenaikan selama tiga kali berutur-turut ini menunjukan tren positif harga TBS Riau pada tahun ini,” kata Kasubdin Pengelolaan dan Pemasaran Hasil Dinas Perkebunan Riau, Ferry HC Ernaputra.

Harga TBS sawit untuk pohon umur 10 tahun kini mencapai Rp1.334,73 per kg dari sebelumnya Rp1.234,6 per kg. Sedangkan untuk TBS hasil pohon usia tiga tahun kini mencapai Rp954,60 dari sebelumnya Rp883,07 per kg.

Untuk harga minyak sawit mentah (crude palm oil/CPO) mengalami kenaikan menjadi Rp6.442,10 dari sebelumnya Rp5.948,08 per kg. Sedangkan, untuk harga kernel mencapai Rp2.626,47 dari sebelumnya Rp2.620,54 per kg.

Menurut Ferry, kenaikan harga TBS tersebut merupakan imbas dari kenaikan harga CPO. Meski harga komoditas sawit diprediksi masih akan fluktuatif, namun kenaikan beruntun tersesebut akan sangat dirasakan oleh petani lokal. Sebabnbya, harga TBS sebelumnya terus anjlok selama Juni hingga pertengahan Juli lalu.

“Harga sawit diprediksi masih akan fluktuatif karena krisis global masih berdampak pada kelesuan ekonomi dan mengurangi permintaan ekspor produk kelapa sawit di negara tujuan utama seperti di Asia dan Eropa,” pungkasnya.

Satu Tanggapan to “Harga Kelapa Sawit Riau Kembali Merangkak Naik”

  1. Imron said

    Gapki harus pikirin jg hrg pupuk dpsaran krn slm ini spekulan sesuka hati memainkan hrg pupuk dipasaran. Thanks.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: