KOMPAS Yogyakarta

Komunitas Mahasiswa Kelapa Sawit — G’BYE Angkt 2005 and G’Work Angkt 2006

FPR Tuntut Peran Pemerintah Atasi Harga Sawit

Posted by erik12127 pada 6 November, 2008

Sekitar 50 orang aliansi LSM dan Mahasiswa yang tergabung dalam Front Perjuangan Rakyat (FPR), tadi pagi Kamis (6/11) melakukan aksi unjukrasa ke DPRD Provinsi Jambi. Mereka memprotes turunya harga sawit akibat dampak dari krisis global yang terjadi saat ini. Karena itu FPR menuntut peran Pemerintah dan DPR untuk mengatasi harga sawit tersebut.

Aksi dimulai pukul 10.30 WIB, di Simpang BI Telanaipura. Sambil berorasi, mereka membagikan selebaran tentang pertanggungjawaban pemerintah atas krisis global yang berdampak pada petani. Selanjutnya para pendemo bergerak melanjutkan aksinya ke kantor DPRD Provinsi Jambi.

Nurbaya, koordinator aksi demo ini mengatakan bahwa praktek dan kebijakan yang dikeluarkan pemerintah SBY – JK, tidak pernah menguntungkan bagi rakyat Indonesia, khususnya bagi petani sawit.

Karena dampak dari krisis global yang terjadi saat ini berdampak pada petani sawit di Jambi, dari harga Rp 2000/Kg turun menjadi Rp 200/Kg nya. Akibat turunya harga itu, banyak petani sawit saat ini menjual kebunya untuk menutupi hutang. Bahkan ada diantara petani menderita stres akibat tidak bisa membayar hutang dan masuk ke rumah sakit jiwa.

“Jadi kami mengaharapkan pada anggota dewan, untuk duduk bersama pemerintah mencari solusi tentang dampak krisis ini. Salah satunya memberikan dana talangan dan mengembalikan pajak ekspor pada petani. Selain itu, pemerintah harus melakukan negosiasi hutang kredit petani dengan perbankan,” papar Baya pada Wakil Ketua DPRD Provinsi Jambi, Suwarno Surinta di depan kantor DPRD Provinsi Jambi, pagi tadi.

Suwarno Surinta, saat menerima pendemo mengatakan berjanji akan menindak lanjuti usulan persoalan tersebut, namun dengan melalui musyawarah bersama pemerintah Provinsi, Kabupaten dan Kota, serta pada pengusaha kelapa sawit yang ada di Jambi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: