KOMPAS Yogyakarta

Komunitas Mahasiswa Kelapa Sawit — G’BYE Angkt 2005 and G’Work Angkt 2006

Harga Sawit Anjlok Ulah LSM Internasional

Posted by erik12127 pada 25 Oktober, 2008

Senin (27/10), Komisi B DPRD Riau menggelar hearing bersama dengan Dinas Perkebunan Provinsi Riau, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Riau, Biro Ekbang Setdaprov Riau, Bank Riau dan Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) Riau. Ini dimaksudkan untuk membahas anjloknya harga sawit yang telah merugikan petani. Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Riau Susilo mengungkapkan bahwa anjloknya dikarenakan isu global dari LSM internasional yang menyatakan bahwa CPO Indonesia dan Asia menimbulkan kerusakan besar terhadap lingkungan. “Mereka menyatakan bahwa kita memproduksi CPO dengan melakukan pembakaran hutan dan lahan baik itu rawa atau gambut guna perluasan areal perkebunan.

Akibatnya menimbulkan efek rumah kaca dan gas CO2 yang sangat merugikan. Makanya harga jual menjadi rendah, sehingga pemerintah pusat perlu mengambil kebijakanm dan kita menyampaikannya,” jelas Susilo. Selain itu menurutnya saat ini telah terjadi panen raya buah sawit dan hujan yang bersamaan sehingga merugikan petani. Dimana jalan-jalan rusak sehingga menyulitkan dalam menyalurkannya ke pabrik. Sementara itu Kepala Disperindag Riau Tiolina Pangaribuan menyatakan agar petani tidak rugi maka rentang kendali dari perkebunan ke pabrik harus dipersingkat sehingga tidak banyak biaya yang dikeluarkan. “Sebab berdasarkan informasi yang diterima, harga TBS di pabrik mencapai Rp 600/ kg, hanya saja antri. Makanya perlu diatasi,” ujarnya. Di lain pihak Ketua GAPKI Riau Wisnu menyatakan agar petani tidak rugi dan dalam rangka mengatasi anjloknya harga sawit perlu dibentuk kelembagaan di berbagai daerah.

Dengan demikian petani memiliki kekuatan dalam menentukan harga dan tidak lagi menjadi pihak yang dirugikan. Menanggapi hal tersebut maka dikatakan AB Purba selaku pimpinan sidang, maka langkah kongkrit yang harus dilakukan adalah dengan membentuk peraturan gubernur tentang standar harga sawit. “Kita jangan terlalu banyak berteori, saat ini yang harus dilakukan apa tindakan, jangan hanya ide-ide atau pemikira saja. Jadi perlu kita sepakati dengan membuat peraturan gubernur tentang standar harga,” ujarnya yang disepekati seluruh anggota yang yang hadir.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: