KOMPAS Yogyakarta

Komunitas Mahasiswa Kelapa Sawit — G’BYE Angkt 2005 and G’Work Angkt 2006

Animo Masyarakat Terhadap Perkebunan Kelapa Sawit

Posted by erik12127 pada 20 Agustus, 2008

YOGYA (KR) – Kebutuhan akan tenaga ahli sawit yang kian tinggi, menjadikan animo masuk pendidikan sarjana kelapa sawit (PSKS) meningkat tajam. Hal ini mengiringi pembukaan lahan perkebunan kelapa sawit yang besar-besar di pelbagai wilayah di Indonesia. Bahkan tahun ajaran baru 2008-2009 ini Instiper membuka 7 kelas untuk itu. “Kami memrediksikan sebagaimana dikemukakan para ahli perkebunan, bidang ini akan berkembang pesat dan mencapai kejayaan pada 2010 mendatang,” tandas Rektor Instiper Dr Herry Wirianata kepada wartawan, di ruang kerjanya.

Dalam pertemuan Herry didampingi Ketua Panitia Dies 50 Instiper, Dr Hermantoro. Dalam kesempatan itu Hermantoro menyebutkan sejumlah agenda Dies ke-50 Instiper yang sudah mulai dicanangkan sejak awal Agustus dan puncak peringatan akan dilaksanakan Desember 2008 mendatang. Di antara kegiatan Workshop Membangun Perkebunan Kelapa Sawit Berkelanjutan, Diskusi Ilmiah, Job Plantation Fair & Industries Plantation Fair, Pembentukan Indonesian Planters Society. Kemudian juga ada Workshop Mangrove, Workshop Pengemasan dan akan dilaksanakannya Reuni Keluarga Alumni Instiper dan Munas Kainstiper yang akan dilaksanakan di 3 tempat termasuk Reuni Akbar & Munas Kainstiper.

Dikatakan Herry, pesatnya perkembangan perkebunan kelapa sawit ini membuat perkembangan yang tajam dalam animo masuk PSKS. “Jika tahun pertama 4 tahun lalu kami hanya membuka satu kelas, tahun ajaran baru 2008 ini akan ada 7 kelas, termasuk untuk program sarjana teknologi pengolahan kelapa sawit dan turunannya (STPK) dan sarjana teknik industri kelapa sawit (STIK),” jelas Herry. Tingginya animo masuk ke pendidikan sawit ini diakui Herry sebenarnya masih belum mencukupi kebutuhan akan tenaga ahli sawit yang sarjana.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: