KOMPAS Yogyakarta

Komunitas Mahasiswa Kelapa Sawit — G’BYE Angkt 2005 and G’Work Angkt 2006

14 Mahasiswa SPKS Instiper Dapat Beasiswa

Posted by erik12127 pada 20 Agustus, 2008

SLEMAN– Sebanyak 14 dari 325 mahasiswa baru (maba) Program Sarjana Pendidikan Kelapa Sawit (SPKS) Institut Pertanian “Stiper” (Instiper) Yogyakarta mendapat beasiswa dari PT Triputra Agro Persada (TAP). Para mahasiswa mendapat biaya pendidikan secara penuh selama kuliah dari PT Triputra Agro dengan ikatan dinas. Artinya, selain mendapat biaya pendidikan secara gratis, setelah lulus dari Instiper mereka langsung bekerja di lingkungan perusahaan milik PT Triputra Agro Persada.

Penyerahan beasiswa dilakukan di Auditorium Kampus Instiper Jalan Nangka II Maguwoharjo, Depok, Sleman, dari Chief Executive Officer (CEO) Direktur PT Triputra Agro Persada Gunardi Hadi Atmodjo didampingi Direktur PT Triputra Agro Persada Jan Burhanudin disaksikan Rektor Instiper Dr Ir Herry Wirianata MS.


“Bantuan beasiswa ini merupakan realisasi dari salah satu komitmen PT. TAP dalam memajukan pendidikan di Indonesia, khususnya bidang SDM perkebunan. Komitmen ini sangat penting dalam memelihara semangat nasionalisme agar perkebunan kelapa sawit Indonesia tetap menjadi unggulan di tingkat dunia,” kata Rektor Instiper Dr Ir Herry Wirianata MS dalam acara penandatanganan realisasi beasiswa itu.

Menurut Direktur PT TAP Jan Burhanudin, potensi lahan perkebunan sawit dan produksi mulai hulu hingga hilir di Indonesia sangat besar. Bahkan tahun 2008 ini, Indonesia telah “menyalip” Malaysia baik dari segi luas lahan maupun jumlah produksi ikutannya. Sayangnya, perkembangan usaha kelapa sawit ini belum didukung sumber daya manusia yang memadai, baik dari ketersediaan SDM maupun kualitasnya. Karena itu, pihaknya menjalin kerjasama dengan Instiper untuk mencetak SDM kelapa sawit sebanyak-banyak dengan kualitas SDM sesuai standar yang ditetapkan PT Triputra Agro Persada.

“Kami percaya Instiper mampu menghasilkan SDM kelapa sawit yang dibutuhkan, baik dari segi jumlah maupun kualitasnya. Karena itu, kami bersedia memberikan beasiswa kepada para mahasiswa baru sehingga nantinya setelah lulus mereka langsung bekerja di perusahaan kami,” kata Jan Burhanudin.

Menurut Rektor Instiper Herry Wirianata, saat ini luas areal kelapa sawit di Indonesia baru mencapai 6,4 juta hektar dengan pertumbuhan luas areal dalam 10 tahun terakhir sebesar 11,4 persen. Dan pada tahun 2010, dominasi pasar global CPO Indonesia akan mencapai 53 persen.

Dengan asumsi satu sarjana membawahi 700 hektar kebun kelapa sawit, maka pada tahun 2010 yang ditargetkan luas areal mencapai 10 juta hektar, maka dibutuhkan puluhan ribu sarjana/SDM kelapa sawit. “Ini belum termasuk untuk tenaga riset dan lainnya,” kata Herry Wirianata.

Satu Tanggapan to “14 Mahasiswa SPKS Instiper Dapat Beasiswa”

  1. ilman said

    Kalau misalnya bekerja di PT. Triputra Agro…..selama kurang lebih 5 tahun
    dan selanjutnya berhenti, tetapi berusaha mengembangkan usaha kebun kelapa sawit di daerah lainnya, diperbolehkan apa tidak? mohon sanggahannya……

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: