KOMPAS Yogyakarta

Komunitas Mahasiswa Kelapa Sawit — G’BYE Angkt 2005 and G’Work Angkt 2006

Daya Saing Perkebunan Perlu Ditingkatkan

Posted by erik12127 pada 29 Juli, 2008

Sebagai aktivitas bisnis, perkebunan Indonesia perlu meningkatkan daya saingnya sehingga keunggulan kompetitif yang dimiliki sumber daya perkebunan membawa banyak manfat bagi perekonomian Indonesia. Belakangan ini, perdagangan komoditas perkebunan sangat pesat, berupa naiknya harga beberapa komiditas seperti kopi, kakao, karet dan CPO. Namun, bila dicermati, pengusaha perkebunan terutama petani perkebunan belum mampu menikmati keuntungan akibat naiknya harga komoditas tersebut.


“Produktivitas dan daya saing perkebunan Indonesia masih rendah meskipun arealnya luas. Dan sumber daya manusia menjadi salah satu faktor kunci dalam peningkatan produktivitas tersebut,” kata Rektor Instiper Dr Ir Herry Wirianata MSi dalam sambutan pada wisuda sarjana Instiper Yogyakarta ke-52 di Auditorium Kampus Instiper Maguwoharjo, Depok, Sleman, Sabtu (26/7) lalu.


Menurut Herry Wirianata, di era perdagangan bebas dan tingginya kesadaran akan lingkungan, pengembangan perkebunan terutama perkebunan kelapa sawit mempunya dimensi global terlebih dengan semakin banyaknya investor asing yang berinvestasi dalam perkebunan kelapa sawit.
“Sinkronisasi antara prinsip-prinsip perdagangan bebas dan kelestarian lingkungan dengan kepentingan nasional menjadi tantangan besar bagi stakeholder perkebunan. Karena itu, para lulusan Instiper harus mampu secara mandiri mengembangkan karakter perkebunan yang diperoleh di kampus,” kata Dr Herru Wirianata.


Dikatakan, saat ini ada kesenjangan antara permintaan tenaga kerja oleh perkebunan kelapa sawit dengan kualitas/karakter yang dihasilkan oleh perguruan tinggi pertanian pada umumnya. Karena itu, tersedianya SDM perkebunan yang kompeten menjadi tantangan bagi perguruan tinggi, termasuk Instiper.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: