KOMPAS Yogyakarta

Komunitas Mahasiswa Kelapa Sawit — G’BYE Angkt 2005 and G’Work Angkt 2006

Mahasiswa Magang di Perkebunan Sawit

Posted by erik12127 pada 8 Januari, 2008

Yogyakarta, Kompas – PT Astra Agro Lestari mulai mengintensifkan kerja sama dengan perguruan tinggi, terutama dengan menyediakan tempat magang bagi para mahasiswa. Untuk pertama kali, perusahaan yang bergerak di bidang perkebunan kelapa sawit ini menjalin kerja sama dengan Institut Pertanian Sekolah Tinggi Perkebunan atau Instiper dengan menerima 52 mahasiswa untuk magang selama empat bulan.

“PT Astra Agro akan terus meningkatkan kerja sama saling menguntungkan dengan dunia pendidikan dengan basis perkebunan. Ini kerja sama magang dalam skala massal pertama yang akan terus dilanjutkan jika hasilnya bagus,” ujar Direktur PT Astra Agro Lestari Joko Supriyono.

Menurut Joko, pihaknya tertarik bekerja sama dengan Instiper karena memiliki program terstruktur dan kurikulum yang jelas. Apalagi, Instiper juga memiliki program kekhususan sarjana perkebunan kelapa sawit Jurusan Budidaya Pertanian. “Kami ingin membekali mahasiswa supaya memperoleh keterampilan bekerja di lapangan,” tuturnya. Pintar teori

Kebanyakan lulusan S1, lanjut Joko, cukup pintar secara teori, tetapi cenderung tidak siap untuk bekerja di lingkungan perkebunan. Melalui program magang, PT Astra Agro juga ingin memperoleh tenaga perkebunan yang terampil. Para mahasiswa magang ini akan diprioritaskan untuk nantinya bisa bekerja di perkebunan tersebut.

Saat ini PT Astra Agro memiliki areal perkebunan di Riau, Jambi, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, dan Sulawesi. Total luasan perkebunan yang sudah ditanami mencapai 230.000 hektar. “Kebutuhan tenaga kerja di perkebunan kelapa sawit semakin besar. Dalam lima tahun ke depan, kami ingin terus ekspansi,” ujarnya.

Rektor Instiper Herry Wirianata menyatakan terus berkomitmen untuk mencetak sumber daya manusia (SDM) andal di bidang perkebunan. Sejak pertama berdiri pada tahun 1958, Instiper telah bertujuan untuk menyiapkan kebutuhan tenaga perkebunan di Indonesia.

Herry mengakui masih ada kesenjangan antara kesiapan lulusan dengan kebutuhan perusahaan. Karenanya, Instiper mulai melengkapi diri dengan membentuk program kekhususan seperti program sarjana kelapa sawit. Kebutuhan SDM di tiap perkebunan terus meningkat dengan spesifikasi yang berbeda tergantung komoditasnya.

4 Tanggapan to “Mahasiswa Magang di Perkebunan Sawit”

  1. Andreas Surya Gunawan said

    ada lowongan tidak untuk magang S1 Teknik Industri??

  2. tika said

    saya kartika agribisnis umy,saya mau nanya di PT Asra Agro in menerima mahasiswa magang gak ?
    karna saya lagi mencari tempat magang…

  3. Great post… Thanks for share😀

    see my web http://ilkomerz.com

  4. Willi said

    saya willi teknologi hasil pertanian Instiper mencari tempat magang. mau tanya apakah PT Astra Agro Menerima mahasiswa magang?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: