KOMPAS Yogyakarta

Komunitas Mahasiswa Kelapa Sawit — G’BYE Angkt 2005 and G’Work Angkt 2006

Kompos dari Tandan Kosong Kelapa Sawit

Posted by erik12127 pada 16 April, 2008

  1. Teknologi produksi kompos dari tandan kosong sawit (TKS) merupakan satu teknologi pengolahan limbah yang sekaligus dapat mengatasi masalah limbah padat dan limbah cair di PKS. Penerapan teknologi ini memungkinkan PKS untuk menerapkan konsep zero waste yang berarti tidak ada lagi limbah padat dan cair yang dibuang.
  2. Proses pengomposan TKS dimulai dengan pencacahan TKS dengan mesin pencacah. TKS yang telah dicacah ditumpuk di atas lantai semen pada udara terbuka atau di bawah atap. Tumpukan dibalik 3- 5 kali seminggu dengan mesin pembalik BAKHUS dan disiram dengan limbah cair PKS. Pada akhir pengomposan yang berlangsung selama 6-8 minggu, kompos diayak dan dikemas.
  3. Total biaya investasi produksi kompos dari TKS berkisar Rp4 miliar untuk PKS dengan kapasita 30 ton TBS/jam. Dengan asumsi produksi kompos per hari 60 ton, maka biaya produksi kompos adalah Rp150/kg. Dengan harga jal kompos bulk Rp400/kg, keuntungan langsung yang diperoleh sebesar Rp366/kg atau sekitar Rp2,28 miliar/tahun sebelum pajak.
About these ads

4 Tanggapan to “Kompos dari Tandan Kosong Kelapa Sawit”

  1. SUDARTO said

    Bagaimana caranya mencari jaringan kerja sama dalam usaha industri kompos yang bahan bakunya dari tandan kosong kelapa sawit ini teman ? terus terang saya sangat berminat kalo ada orang yang ingin mengajak mo kerja sama dengan kita, masalahnya di daerah saya di kalimantan bahan bakunya banyak sekali. Ada salah satu perusahaan perkebunan yang belum sama sekali mengelola limbahnya, khususnya limbah padatnya yaitu tandan kosong yang dihasilkan dari proses produksinya ini. Kapasitas produksinya sekitar 45 ton per jam. Tolong teman kalo ada orang atau pengusaha yang mo di ajak kerja sama !

  2. ahmad danang n said

    coba kl kerja sama dgn petani.
    mungkin petani lebih bisa menngkatkan produksi tanamannya
    dengan biaya yang sedikit miring.
    jangan lah ngomongin bisnis sedangkan saudara kita masih kesusahan.

  3. pauliz said

    kalau mhs mau lihat teh kompos tandan kosong sawit bisa lihat penelitian mhs ibnu Cs di kp2 maguwoharjo

  4. Budi Ecocity said

    Investasi nilai sebesar itu tidaklah mudah apalagi bagi pengusaha yg dipikirkan adalah BEPnya. karena pemerintah kita sendiri belum membuat suatu standar pengolahan limbah bagi pabrik PKS, maka mereka ya enjoy aja tak pedulu lingkungan yang penting margin ya margin. sebenarnya ada cara yang lebih sederhana kalau kita mau tanpa perlu mengikuti teknologi pengomposan yang ribet-belit bahkan untuk para petani kecil sekalipun, yang penting ada kemauan untuk berubah dan mengubah pola pikir yang instan serta sedikit lebih rajin dari biasanya. misalnya cukup mengambil limbah padat tersebut baik itu tandan kosong, kulit kakao, blotong dsb…untuk dicacah dengan mesin cacah atau manual dengan parang pun juga bisa asalkan potongan itu cukup kecil untuk memudahkan penguraian. setelah itu tebarkan dilahan lalu tambahkan pengurai alami. untuk keterangan lebih lanjut hubungi kami: setiabudi_sdu@yahoo.co.id . trims!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: